Perbedaan PPTP VPN dengan OpenVPN

Baik OpenVPN dan PPTP memiliki fungsi yang sama yaitu mengamankan koneksi internet melalui server virtual private network melalui enkripsi transfer data dan menyembunyikan alamat IP komputer yang kamu gunakan.

Tidak bisa dipungkiri lagi, penggunaan internet vpn bertujuan mengamankan semua aktivitas komputer saat terhubung dengan jaringan internet. Entah untuk mengakses server kantor, kampus atau hanya sekedar melindungi privasi online di area wifi hotspot.
  • Software OpenVPN
OpenVPN adalah open source software yang resmi dirilis pada tahun 2002. Menjadi populer karena bisa digunakan melewati Wireless access points (WAP), Firewalls dan HTTP proxy server. OpenVPN memungkinkan kamu untuk menggunakan port yang berbeda dan melakukan bypass firewall milik client maupun server.

Dengan enkripsi transfer data hingga 256 bits, Open VPN sangat cocok bagi kamu yang mengutamakan faktor keamanan. Bila dibandingkan PPTP VPN yang hanya menggunakan enkripsi 128-bit, jelas OpenVPN lebih unggul.
  • Koneksi PPTP VPN
PPTP menjadi pilihan populer jaringan virtual private network karena kemudahan dalam setting maupun penggunaan. Kamu tidak perlu melakukan instalasi VPN client agar bisa terhubung dengan jaringan server PPTP VPN. Koneksi Point to Point Tunneling Protocol bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, MacOS X, iPhone OS, dan Android OS sudah memiliki built in protokol ini.

Kamu hanya membutuhkan nama server, vpn account meliputi nama pengguna dan kata sandi untuk dapat terhubung dengan server PPTP VPN. Koneksi jenis ini paling banyak digunakan pada area wifi hotspot untuk melindungi privasi online dan mencegah pihak lain yang ingin meretas perangkat smartphone atau tablet yang kamu gunakan di area hotspot.
  • Kesimpulan OpenVPN vs PPTP VPN
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Untuk kamu yang membutuhkan keamanan data tingkat tinggi, OpenVPN lebih lebih unggul dengan enkripsi 256 bits didukung protokol OpenSSL. Sedangkan dari sisi kecepatan akses internet, PPTP VPN sedikit lebih cepat karena enkripsi traffic data yang tidak terlalu ketat. 

Dari segi setting dan konfigurasi, PPTP VPN lebih mudah karena kamu tidak memerlukan pengaturan VPN client maupun software tambahan.