Cara Menggunakan Proxy di Android

Berikut tutorial cara menggunakan Proxy di Android

  • Untuk versi Android 3.x,4.x,5.x,6.x,7.x – Disesuaikan
  • Untuk browser Default / Bawaan Android dan Chrome for Android

Catatan : Tutorial ini hanya untuk aplikasi Browser pada Android, menggunakan koneksi mobile networks (data selular) dan bukan untuk internet gratis / unlimited kuota.

  1. Silakan buka menu Settings / Setelan, lalu klik More..

 


  1. Lalu klik Mobile Networks, sesuai gambar dibawah.

 


  1. Klik Access Point Names (APN)

 


  1. Pada langkah ini, sesuaikan jaringan mana yang ingin Anda gunakan, SIM 1 atau SIM 2. Disini akan digunakan pada SIM 1.

Klik Access Point Names.


  1. Klik APN Internet yang digunakan (sesuaikan dengan operator yang Anda gunakan, tidak mengacu pada gambar dibawah). Disini menggunakan kartu Indosat IM3.

 


  1. Isikan kolom Proxy dengan IP Proxy yang diberikan melalui email, dan isi juga Port sesuai yang diberikan melalui email, lalu klik Save.

  • Isikan yang diberi kotak merah saja
  • Semua port yang diberikan sama, tidak ada perbedaan kecepatan atau pengaruh lainnya. Dibuat pilihan port karena ada beberapa ISP yang memblok port Proxy pada umumnya, seperti port 3128, 8080, dan 80.

  1. Tunggu beberapa saat, lalu silakan buka aplikasi browser pada Android Anda, bisa menggunakan browser bawaan atau juga browser Chrome.

Silakan browsing web apa saja, seperti www.google.co.id lalu akan muncul login box seperti gambar dibawah ini.

User Name dan Password : Sesuai yang dikirimkan melalui email


  1. Setelah login dan Anda ingin memastikan apakah Proxy sudah berhasil digunakan, Anda bisa cek dengan membuka web http://www.whatismyproxy.com/

 

Akan muncul alamat IP proxy, hostname proxy, dan lokasi server proxy yang digunakan.

Catatan: Jika ada perbedaan letak menu, silakan disesuaikan saja. Yang penting nama pengaturannya sesuai dengan tutorial yang diberikan di atas.