Perbedaan Proxy dengan VPN

Proxy merupakan komputer server yang bertindak sebagai perantara antara komputer yang kamu gunakan dengan internet. Tidak seperti VPN, proxy server tidak selalu melakukan enkripsi data yang dikirim maupun diterima komputer melalui jaringan internet, inilah mengapa akses proxy sedikit lebih cepat dibandingkan akses VPN karena tidak melakukan enkripsi.

Saat kamu menggunakan proxy server, IP address yang terlihat adalah IP proxy yang dimiliki komputer perantara tersebut, bukan IP komputer yang sedang kamu pakai. Banyak software proxy yang memberikan kemudahan untuk memakai IP proxy dari komputer lain.

Ada 2 jenis protocol yang umum digunakan oleh Proxy server:

1. HTTP Proxy Servers

Protokol HTTP digunakan untuk mengakses traffic tingkat HTTP seperti http:// atau https:// yang artinya hanya dapat untuk membuka halaman web. Untuk sekedar browsing dan surfing di internet, HTTP proxy lebih cepat bila dibandingkan Sock proxy server.

2. SOCKS Proxy Servers

Sock proxy memiliki kemampuan lebih komplit dibandingkan HTTP proxy, selain dapat digunakan untuk mengakses halaman situs web, sock proxy server dapat membuka POP3 dan SMTP untuk email, IRC chat, penggunaan FTP untuk upload file ke situs web.

Info : Flazz Networks menggunakan HTTP / HTTPS Proxy Servers

Perbedaan 3 Jenis Proxy:

1. Transparent Proxy

Jika menggunakan Transparent Proxy, IP address kamu tidak sepenuhnya berubah, karena itu disebut transparan :D.

2. Anonymous Proxy

Jika menggunakan Anonymous Proxy maka IP address kamu berubah dan IP asli kamu tak tampak serta keamanannya lebih tinggi dari Transparent Proxy. Anonymous proxy juga bisa dibilang Anonymous Transparent dan tertulis IP nya “unknown” di beberapa website pengecek IP address. Kami memilih konfigurasi Anonymous proxy karena konfigurasi ini paling umum dan tidak merepotkan pengguna.

3. High Anonymity (Elite) Proxy

Jika menggunakan High Anonymity atau Elite Proxy maka IP asli kamu tak tampak serta tidak diketahui bahwa kamu menggunakan proxy. Tingkat keamannya lebih tinggi dari Anonymous Proxy. Elite proxy biasanya lebih lambat dari kedua proxy diatas, karena menggunakan konfigurasi yang sangat kompleks.

Info : Flazz Networks menggunakan Anonymous Proxy

Penggunaan Proxy cukup mudah, bisa dengan cara manual (tanpa software) atau menggunakan software.

Manfaat Proxy Antara Lain :

  1. Dapat mengakses/membypass website atau suatu content yang diblokir tanpa memperlambat kecepatan internetnya (tergantung pilihan server)
  2. Mengubah IP address menjadi IP proxy server
  3. Surfing anonymously .

Tentang VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang akan mengizinkan kamu untuk melakukan koneksi jaringan ke jaringan internet secara aman. VPN akan membangun koneksi terenkripsi antara komputer dengan server host VPN, dimana setiap traffic internet melewati server host VPN (seperti proxy).

Dengan enkripsi minimal 128 bit, VPN dapat mengamankan data yang di kirim maupun diterima komputer yang kamu gunakan. Selain IP Address berubah, menggunakan server VPN seakan-akan sedang memakai ISP lain.

Semua traffic akan melewati server VPN sehingga aktivitas komputer, alamat situs web yang kamu kunjungi dan lainnya benar-benar tidak terlihat oleh pihak lain. Virtual Private Network juga mendukung High levels encryption dari 128-bit sampai 2048-bit.

Manfaat VPN antara lain :

  1. Dapat mengakses/membypass website atau suatu content yang diblokir
  2. Mengubah IP address
  3. Surfing anonymously
  4. Bermain game online Negara tertentu
  5. Lebih aman karena menggunakan enkripsi 128bit tetapi akses sedikit lebih lambat daripada proxy.

Info : Flazz Networks menggunakan PPTP VPN, bukan Open VPN

Dalam segala bidang VPN memang lebih unggul mulai dari sisi keamanan, dan fungsinya. VPN mampu melindungi sepenuhnya (secure) semua aktivitas online yang kamu kerjakan bahkan tidak terlihat oleh pihak ISP (internet services provider).

Namun saran saya jika kamu hanya ingin membuka situs yang di block, surfing anonymously, mengubah IP address, atau aktifitas download lebih baik menggunakan Proxy saja.

Singkatnya

  • Proxy hanya dapat digunakan pada aplikasi yang mendukung pengaturan proxy, seperti Browser Internet, Internet Download Manager, Aplikasi SEO, dll. Sedangkan VPN dapat digunakan secara keseluruhan isi sistem operasi tanpa pengecualian.
  • Bagi pengguna desktop komputer dan laptop, proxy lebih cocok digunakan untuk browsing dan download, sedangkan VPN lebih cocok untuk bermain game online.
  • Kecepatan VPN sedikit lebih lambat daripada proxy karena VPN melakukan enkripsi lalu lintas data selama kamu terkoneksi dengan VPN. Sedangkan proxy tidak melakukan enkripisi data sehingga tidak membuat lambat internet kamu.
  • Setting proxy dan vpn sangat mudah, kamu tinggal masukkan ip proxy  atau vpn tersebut.  Untuk autentikasi username password tergantung sistem operasi yang digunakan.

Sudah menentukan pilihan? Klik Proxy atau klik PPTP VPN untuk melihat masing-masing paket dan harga yang telah disediakan.