Cara Menggunakan Proxy di Windows

Berikut tutorial cara menggunakan proxy di Windows dan digunakan di Browser Google Chrome, Internet Explorer, Microsoft Edge, Opera dan Safari (for Windows)

  1. Silakan gunakan fitur “Search” atau “Quick Search” pada Windows dan ketik “Internet Options” sampai muncul seperti dibawah, dan lalu klik.

Untuk Windows XP, silakan ikuti langkah dibawah ini :

Klik Start , klik Control Panel , klik Network dan Internet Connections , dan kemudian klik Internet Options .


  1. Klik tab “Connections” lalu klik “LAN Settings” seperti gambar dibawah ini.


  1. Isikan kolom Address dengan IP Proxy yang diberikan melalui email, dan isi juga Port sesuai yang diberikan melalui email.

Semua port yang diberikan sama, tidak ada perbedaan kecepatan atau pengaruh lainnya. Dibuat pilihan port karena ada beberapa ISP yang memblok port Proxy pada umumnya, seperti port 3128, 8080, dan 80.


  1. Lalu klik OK, dan silakan browsing web apa saja, seperti google.co.id lalu akan muncul login box seperti gambar dibawah ini.

User Name dan Password : Sesuai yang dikirimkan melalui email.


  1. Setelah login dan Anda ingin memastikan apakah Proxy sudah berhasil digunakan, Anda bisa cek dengan membuka web http://www.whatismyproxy.com/

Akan muncul alamat IP proxy, hostname proxy, dan lokasi server proxy yang digunakan.


Mozilla Firefox

Khusus pengguna Mozilla Firefox setelah mengikuti tutorial diatas, silakan klik menu Pengaturan (Options) -> lalu Canggih (Advanced) -> lalu Jaringan (Network) -> lalu klik Pengaturan (Settings)

Silakan cocokkan seperti gambar diatas.