Perbedaan PPTP VPN dengan L2TP VPN

Untuk server Indonesia, Singapore dan United States, kami menyediakan VPN dengan tipe PPTP dan L2TP, lalu apa perbedaan dari PPTP dan L2TP?

Berikut perbedaan layanan singkat PPTP dan L2TP yang kami sediakan.

PPTP VPN

Point-to-Point Tunneling Protocol, dikembangkan oleh konsorsium yang didirikan oleh Microsoft untuk membuat VPN melalui jaringan dial-up, dan dengan demikian telah lama menjadi protokol standar untuk VPN internal diperusahaan-perusahaan. Ini adalah protokol VPN standar, dan bergantung pada berbagai metode otentikasi untuk memberikan keamanan (MS-CHAP v2 adalah yang paling umum). Tersedia sebagai standar VPN pada hampir semua platform dan perangkat, dan dengan demikian menjadi mudah untuk mengatur tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan, itu tetap menjadi pilihan populer baik untuk bisnis dan penyedia VPN. 

Kelebihan PPTP VPN

  • Dapat digunakan hampir di semua sistem operasi namun dengan versi tertentu
  • Mudah digunakan, karena hanya cukup memasukkan IP address, username dan password saja
  • Keamanan enkripsi standar 128bit.
Kekurangan PPTP VPN
  • Dibeberapa sistem operasi terbaru, seperti iOS versi 9 keatas dan Mac OS versi Yosemite keatas, PPTP sudah tidak bisa digunakan lagi

L2TP VPN dan L2TP / IPsec

Protokol Kanal Lapis 2 (Layer 2 Tunnel Protocol) – L2TP, tidak seperti protokol PPTP yang menggunakan IP address, username dan password saja untuk autentikasi. L2TP menggunakan sistem autentikasi tambahan, yaitu Pre-shared key atau secret.

Memberikan privasi dan keamanan bagi para pengguna dengan enkripsi maksimal 256bit. Semua perangkat dan sistem operasi modern yang kompatibel dengan VPN sudah ditanamkan dengan L2TP/IPsec. Proses penggunaannya sama cepat dan mudahnya dengan PPTP.

Kelebihan L2TP VPN

  • Dapat digunakan hampir di semua sistem operasi versi terbaru
  • Lebih aman karena menggunakan IPSec sebagai enkripsinya, hingga 256bit
  • Di berbagai sistem operasi, PPTP sudah mulai ditinggalkan, solusinya adalah L2TP VPN.
Kekurangan L2TP VPN
  • Pada layanan L2TP VPN kami, setiap server L2TP VPN mempunyai konfigurasi yang berbeda. Jika kamu membeli L2TP untuk penggunaan di Android, maka server L2TP yang kamu beli tidak bisa digunakan di Windows. Kami menyediakan layanan L2TP sesuai perangkat yang akan kamu gunakan.

Saran Kami

  • Jika VPN ingin digunakan di PC Windows, saran kami cukup gunakan PPTP VPN
  • Dalam beberapa koneksi mobile data (bukan Wi-Fi), penggunaan PPTP di Smartphone terkadang susah untuk connect. Jika VPN kamu sering digunakan di Smartphone, saran kami menggunakan L2TP VPN
  • Penggunaan PPTP VPN di iOS 9 dan Mac OS Yosemite keatas sudah tidak ada pilihan PPTP lagi, jadi silakan gunakan L2TP jika ingin digunakan pada iOS dan Mac OS versi terbaru
  • Untuk pengguna Telkomsel (non tethering / penggunaan langsung di HP), hanya bisa menggunakan VPN tipe L2TP saja.

Bagaimana jika saya ingin menggunakannya di kedua device? Smartphone dan PC?

Bisa, silakan gunakan layanan L2TP atau PPTP VPN dan pilih paket yang lebih dari 1 IP address. Nantinya per IP address VPN akan dikhususkan penggunaan untuk PC dan Smartphone.

Perlu diketahui bahwa semua layanan VPN kami tidak bisa multi-login, atau login lebih dari 1 device bersamaan dalam 1 username dan 1 IP address.