Perbedaan PPTP VPN dengan L2TP VPN

Untuk server Indonesia dan Singapore, kami menyediakan VPN dengan tipe PPTP dan L2TP, lalu apa perbedaan dari PPTP dan L2TP?

Berikut perbedaan layanan PPTP dan L2TP yang kami sediakan.

PPTP VPN

Point-to-Point Tunneling Protocol, dikembangkan oleh konsorsium yang didirikan oleh Microsoft untuk membuat VPN melalui jaringan dial-up, dan dengan demikian telah lama menjadi protokol standar untuk VPN internal diperusahaan-perusahaan. Ini adalah protokol VPN standar, dan bergantung pada berbagai metode otentikasi untuk memberikan keamanan (MS-CHAP v2 adalah yangpaling umum). Tersedia sebagai standar VPN pada hampir semua platform dan perangkat, dan dengan demikian menjadi mudah untuk mengatur tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan, itu tetap menjadi pilihan populer baik untuk bisnis dan penyedia VPN. Hal ini juga memiliki keuntungan yang membutuhkan overhead komputasi rendah untuk mendapatkan kecepatan yang mumpuni.

Namun, meskipun sekarang hanya ditemukan menggunakan kunci enkripsi 128-bit, di tahun-tahun pertama sejak dibundel dengan Windows 95 OSR2 pada tahun 1999, sejumlah kerentanan keamanan telah mulai nampak, yang paling serius kemungkinan adalah Otentikasi MS-CHAP v2 yang kurang terproteksi. Menggunakan eksploitasi ini, PPTP telah dapat ditembus dalam waktu 2 hari, dan meskipun Microsoft telah membuat Security Patch atau tambalan keamanan dengan penggunaan otentikasi PEAP, mereka mengeluarkan rekomendasi bahwa pengguna harus menggunakan VPN L2TP / IPsec sebagai gantinya.

Kelebihan PPTP VPN

  • Dapat digunakan hampir di semua sistem operasi
  • Mudah digunakan di berbagai sistem operasi
  • Keamanan standar

L2TP VPN dan L2TP / IPsec

Protokol Kanal Lapis 2 (Layer 2 Tunnel Protocol), tidak seperti protokol VPN lain, tidak menyediakan privasi atau enkripsi apa pun pada lalu lintas data yang melewatinya. Namun, tetap menggunakan enkripsi dengan IPSec (Pre-shared key), memberi privasi dan keamanan bagi para pengguna. Semua perangkat dan sistem operasi modern yang kompatibel dengan VPN sudah ditanamkan dengan L2TP/IPsec. Proses penyiapannya sama cepat dan mudahnya dengan PPTP, tetapi bisa saja ada masalah, sebab protokol yang memanfaatkan UDP port 500 yang diketahui sebagai sasaran empuk untuk diblokir firewall NAT. Oleh karena itu, pemetaan port/pengarahan port kemungkinan diperlukan bila akan dipakai dengan firewall.

Kelebihan L2TP VPN

  • Dapat digunakan hampir di semua sistem operasi
  • Lebih aman karena menggunakan IPSec sebagai enkripsinya
  • Di berbagai sistem operasi, PPTP sudah mulai ditinggalkan, solusinya adalah L2TP VPN.

Saran Kami

Dalam beberapa koneksi, penggunaan PPTP di Smartphone terkadang susah untuk connect. Jika VPN kamu sering digunakan di Smartphone, saran kami menggunakan L2TP VPN. Tidak hanya itu, penggunaan PPTP VPN di iOS 9 keatas sudah tidak ada pilihan PPTP lagi, jadi silakan gunakan L2TP jika ingin digunakan pada iOS versi terbaru.

Jika VPN ingin digunakan di PC Windows, saran kami gunakan PPTP VPN.

Bagaimana jika saya ingin menggunakannya di kedua device? Smartphone dan PC?

Bisa, silakan gunakan layanan L2TP VPN dan pilih paket yang lebih dari 1 IP address. Nantinya per IP address VPN akan dikhususkan penggunaan untuk PC dan Smartphone.